PROGRAM SIARAN
Program siaran
televisi di dunia penyiaran terdiri dari berbagai macam acara yang dapat dibagi
atas empat kelompok acara, yaitu :
1. Program
berita dan informasi
2. Program
pendidikan
3. Program
hiburan
4. Program
iklan
Dari empat
kelompok ini dibuat menjadi berbagai jenis acara Siaran Televisi agar men jadi
satu rangkaian acara Siaran Televisi yang menarik dan tidak membosankan. Untuk
itulah program disusun sedemikian rupa agar setiap acara tidak melelahkan dan
menjemukan sewaktu ditonton. Media Televisi merupakan media massa audio visual
yang dalam siarannya harus mengutamakan cara penyajian dengan tempo, gerak seni
dan tehnik penyajian yang menarik. Walaupun sebagai media massa, media televise
harus menjalankan fungsinya yaitu pendidikan, hiburan, berita dan informasi.
Siaran iklan selalu disisipkan pada acara yang menarik banyak audien dan
termasuk ditengah siaran berita. Media Penyiaran Televisi merupakan sarana
siaran iklan yang sangat efektif pada saat ini karena dengan tekhnologi
peralatan yang baru serta didukung kreasi tehnik yang maju, audien dapat
dipengaruhi atau dirangsang untuk menonton Siaran Televisi. Oleh sebab itu
dalam penyusunan acara siaran, agar kesinambungan acara serta penggantian acara
demi acara dapat ditampilkan dalam cukup menarik. Maka acara hiburan,
pendidikan, informasi dan berita harus disususn dengan baik. Susunan Acara
Televisi setiap harinya disusun dalam jangka waktu tertentu yakni satu bulan
hingga tiga bulan, hal tersebut
tergantung dari kebijakan masing-masing Stasiun Televisi tersebut.
POLA SIARAN
Pola siaran
adalah panduan strategis yang berisi perencanaan siaran, hari siaran, running
time, jadwal siaran dan frekuensi siaran setiap mata acara.
Pola Siaran
disusun berdasarkan :
Pola menonton
masyarakat setempat didasarkan pada faktor demografi yakni kebiasaan masyarakat
dalam menonton siaran televisi ditinjau dari segi usia, jenis kelamin, latar
belakang pendidikan, ethnic, status sosial, status pekerjaan
Keinginan atau
selera dan kebutuhan penonton, yakni acara-acara yang disenangi atau diinginkan
dan dibutuhkan penonton
Berkesinambungan;
sebagian besar acara televisi direncanakan untuk jangka waktu tertentu, sedikit sekali yang
bersifat insedentil atau sekonyong-konyong muncul acaranya.
Oleh karenanya
setiap mata acara yang ingin dimasukkan kedalam pola acara siaran , harus
diyakinkan ada kesinambungannya. Untuk itu dalam menyusun suatu mata acara yang
akan dimasukkan kedalam pola siaran harus diberi penjelasan tentang sebagai
berikut :
a) Maksud dan
tujuan acara
b) Kriteria dan
format acara
c) Pengisi
acara dan sumber pengisi acara
d) Running
time(masa putar) acara
e) Biaya
produksi
Catatan,
apabila suatu mata acara tidak dapat dijamin kesinambunganya maka akan
mengganggu kelancaran penjadwalan dan kualitas siaran, yang pada saatnya nanti
akan merusak citra perusahaan. Memperbaiki citra lebih sulit dari pada
membangun citra itu sendiri. Perlu disadari bahwa mata acara yang
berkesinambungan terlalu lama/ sangat panjang dapat menimbulkan kejenuhan.
Apabila hal ini
terjadi maka format acara perlu segera dirubah atau diganti. Mungkin pula
perubahan format tidak gampang dilakukan karena adanya ikatan kontrak dengan
Biro iklan sponsorship. Namun apabila pihak Stasiun Televisi mau
membicarakannya dan sekaligus memberikan alternatif perubahan atau pengganti
acara itu, maka biro iklan/Sponsorship biasanya dapat menerima. Karena pada
umumnya audien atau penonton juga merasa senang dan menyambut baik suatu acara
yang baru yang tampil lebih baik serta lebih segar dari acara yang
digantikannya.
Disusun secara
rasional
Merencanakan pola siaran dalam penyusunan
pola
siaran dalam
penyusunan pola siaran selalu mempertimbangkan sejumlah
aspek-aspek
yang terkait lainnya seperti :
a) Jumlah
&kecakapan audien yang tersedia
b) Jumlah &
spesifikasi peralatan yang dimiliki
c) Sumber
naskah & pengisi acara yang ada
d) Anggaran
biaya produksi
e)
Situasi&kondisi saat acara ditayangkan yakni
(selera masyarakat dan pemerintah)
f)
Kebijaksanaan stasiun televisi itu sendiri
Dari penjelasan
tadi diketahui bahwa perencanaan pola siaran yang tidak rasiaonal hanya akan
menimbulkan banyak permasalahan dan pelaksanaannya. Sebaliknya perencanaan yang
baik, tidak saja akan memberi kemudahan dalam penyelenggaraannya, tetapi juga
akan memberikan citra kepada masyarakat, digemari penonton/ audien termasuk
diminati pemasang iklan.
5.
Fleksibel atau lentur
Perencanaan
siaran harus bersifat lentur atau fleksibel agar terdapat banyak kemungkinan melakukan perubahan dalam
mengeluarkan acara-acara yang tidak lagi menarik dan atau memasukkan
acara-acara baru guna menciptakan siaran yang digemari serta dibutuhkan penonton.
Dengan demikian sejak awal penyusunan pola siaran harus diperkirakan situasi
pasar politik dimasa mendatang pada saat pola siaran dilaksanakan.
Sehingga
meskipun nantinya ada perubahan namun perubahan tersebut dapat disesuaikan,
diselaraskan dan diseimbangkan dengan mata acara lainnya, sehingga keseluruhan
rangkaian acara siaran tetap atau bahkan
dapat lebih baik.
PROSES
PROGRAMMING
• Biasa disebut proses pemolaan siaran
dilakukan melalui prosedur yang agak rumit karena melibatkan banyak pihak,
masukan & tim kreatif yg dibentuk
stasiun
• Dimulai dengan ide/gagasan baik dari
internal maupun eksternal
• Menyelenggarakan seminar,survey,rapat
tatap muka dengan tokoh masyarakat
• Data informasi dari audien research
competitor,calender event,jenis program yg dibutuhkan audien
FAKTOR
KOMPETISI
• Program planning mencakup,rencana
jang ka pendek,menengah dan jangka
panjang, untuk menjaga kelangsungan acara termasuk kelangsungan finansial
• Program manager harus benar-benar
menyeleksi format acara & isi program yang dapat menarik &memuaskan
audien
• Perencanaan pada stasiun televisi
diarahkan kedepan untuk menyeleksi dan menjadwalkan program yang dapat menarik
lebih luas jumlah penoton
FAKTOR
KOMPETISI II
• Program content(isi program), dimulai
dengan ide2/gagasan yang kreatif yang dituangkan dalam bentuk konsep yg
terinci, karena isi program merupakan hal yang sangat menentukan &perlu
diingat bahwa mereka berasal dari berbagai sistem nilai dan budaya.
• Pengembangan program contentdilakukan
stasiunTV diarahkan kepada keinginan, kebutuhan, minat dan perhatian audien
• Program stuktur ; struktur/format
acara disusun sedemikian rupa untuk mengikat audien agar tetap mengikuti acara
yang ditayangkan stasiun TV
• Untuk itu format acara harus
diupayakan agar menarik audien serta mendapat respon yang positif
• Namun yang tidak kalah pentingnya
adalah dapat direspon pemasang iklan,yang nantinya berimbas dengan kualitas
program yang dimaksud.
FAKTOR
KOMPETISI III
• Program tehnologi,saat ini mengarah
kepada penggunaan tehnologi digital yang dapat menghasilkan gambar yang lebih
tajam dan suara yg lebih jernih
• Program montage,kemasan lebih menarik
dengan berbasis digital dan computer membuat efek dan editing yang menarik.
• Program promotion, menarik sebanyak
mungkin pemasang iklan dan audien, kegiatan mencakup pembuatan leaflet, jingle,
booklet ,disamping pada siaran itu sendiri.
repost : http://aryesgerrard.blogspot
Tidak ada komentar:
Posting Komentar