gadget

Sabtu, 05 September 2015

Struktur Organisasi Radio

Postingan saya kali ini bertujuan untuk membantu teman'' yg ingin masuk organisasi radio di kampusnya / ingin melamar pekerjaan,namun masih belum mengetahui struktur apa saja yg ada selain penyiar,sedikit informasi nama organisasi radio dikampus saya adalah suska 107.9 fm pekanbaru,radio yg bertempat di uin suska (RIAU).
RADIO BUKAN HANYA PENYIAR
Penyiaran Radio adalah sebuah industri. Di dalamnya ada lembaga, perusahaan, organisasi, sistem, regulasi, dan tentu saja SDM sebagai subjek utama industri penyiaran.
Bekerja di sebuah media radio adalah pilihan, terutama bagi mereka yang menyukai dunia musik, hiburan, dan interaksi aktif dengan publik. Namun, jangan bayangkan bekerja di radio hanya sebagai penyiar. Sebagaimana sebuah perusahaan, stasiun radio memiliki struktur organisasi yang kompleks dengan banyak posisi, mulai dari office boy hingga owner.
Dalam struktur organisasi, penyiar bahkan berada di posisi bawah, meskipun perannya sebagai ujung tombak, frontliner, dan posisi paling populer di sebuah stasiun radio. Ia yang menentukan keberhasilan program siaran, baik-buruk citra radio, juga “kering” atau “banjir” pendengar sebagai “produk” radio yang dapat dijual kepada pengiklan.
Dengan demikian, selain penyiar, di dunia penyiaran radio sangat banyak posisi lain yang dapat Anda tempati, apalagi jika Anda tidak berminat menjadi penyiar, namun berminat menjadi bagian dari dunia penyiaran radio.
STRUKTUR UMUM ORGANISASI STASIUN RADIO

Tergantung pada kemampuan teman''.
Ada rute radio online yang tidak diragukan lagi akan menawarkan lebih banyak kebebasan dan kerepotan yang lebih sedikit daripada bekerja untuk sebuah stasiun radio.
Karir radio di dunia online lebih mudah untuk mendapatkan dan mempertahankan dan tman'' bisa menjadi radio DJ teman'' sendiri tanpa pelatihan nyata.
Manajer umum
-Bertanggung jawab differences keseluruhan studio operasional Sehari-hari Baik Dari Program ASPEK, bisnis / pemasaran, maupun teknik (Perangkat Siaran).
Manajer Stasiun
-Kepala stasiun radio
-Pengorganisasian isi dan pemrograman sehari-hari
-Yang bertanggung jawab atas DJ radio, insinyur audio, dan produsen radio.
-Untuk menjadi manajer stasiun teman'' biasanya akan harus memulai melakukan pekerjaan yang lebih kecil seperti menjadi seorang produser asisten atau radio pertama dan cara kerja teman'' hingga menjadi manajer stasiun.
-Mengawasi setiap program radio
-Dapatkan untuk membuat semua keputusan akhir ketika datang untuk apa konten yang ditayangkan, lagu apa yang akan dimainkan, apa berita disertakan dan banyak lagi.
 -Mendelegasikan mereka berbagai tanggung jawab lebih untuk setiap DJ radio dan produser yang bertanggung jawab atas acara mereka sendiri, tetapi manajer stasiun memiliki keputusan akhir.
-Dapat lebih dipecah menjadi manajer penjualan, manajer stasiun umum, manajer lalu lintas, manajer konten dan lain-lain tergantung pada kebutuhan dan ukuran stasiun radio.
Direktur Program
-Direktur program radio akan memastikan acara radio berjalan lancar dan mencakup semua musik yang penting dan konten yang diperlukan.
-Mereka akan bekerja sama dengan manajer stasiun untuk memastikan bahwa penilaian dihitung dan pengiklan senang.
Tugas:
  • membuat jadwal siaran
  • Menjaga konsistensi dan kualitas produksi (Quality Control)
  • Mengembangkan dan melaksanakan format siaran
  • Mempekerjakan dan mengatur staf siaran
  • Mengikuti perkembangan persaingan dan tren yang mungkin mempengaruhi pemrograman
  • Mengatur kegiatan bidang pemberitaan (news editor) dan masalah umum
  • Bertanggungjawab atas kelancaran dan mengatasi masalah yang muncul dalam hal program siaran
  • Bertanggung jawab atas peningkatan kualitas siaran serta kinerja dan kualitas SDM penyiar
  • Bekerjasama dan koordinasi dengan Marketing Manager dalam hal program yang berpotensi mendatangkan iklan/sponsor acara
Marketing Manager
  • Tugasnya mencari “duit” (iklan).
  • Meningkatkan pendapatan stasiun radio dengan mengatur penjualan jam siaran komersial (air time) alias mencari iklan
  • Mengawasi staf penjualan
  • Bekerjasama dengan wakil perusahaan untuk menarik pengiklan
  • Menugaskan tenaga penjual (sales)
  • Mengkoordinasikan penjualan promosi on air dan in store
  • Mengembangkan materi-materi penjualan
  • Menyusun jadwal penyiaran iklan dan merekap pelaporan siarannya
  • Berkoordinasi dengan Program Director dalam penjadwalan siaran iklan.

Manajer Teknik

  • Bertanggung jawab atas kualitas audio siaran radio yang dikonsumsi pendengar.
  • Mengoperasikan atau memastikan bekerjanya semua peralatan stasiun (radio tools), termasuk soal pemancar, sesuai dengan parameter teknik yang ditentukan oleh pemerintah/lembaga berwenang
  • Membeli, memperbaiki, dan memelihara peralatan siaran
  • Memantau ketepatan sinyal
  • Menyesuaikan radio untuk keperluan pemrograman
  • Mempersiapkan operasi penyiaran jarak jauh.
Music Director
  • Bertanggung jawab menyusun daftar lagu (play list)Menyeleksi lagu dan menentukan boleh-tidaknya sebuah lagu diputar di ruang siaran oleh penyiar. Koordinasi dengan PD sebagai atasan langsungnya. “Berurusan” dengan perusahaan rekaman atau manajer penyanyiUrusan kaset atau lagu baruUrusan promo album atau wawancara artis.
Manajer Produksi
  • Menentuan sesi perekamanMenangani spot-spot iklan atau spot promosi programTurut mengarahkan program siaran bersama PD dan MD. Bersama staf teknisnya, dialah yang bertanggungjawab atas kualitas audio sebuah lagu, mengeditnya, biar enak didengar dan layak siar (fit to broadcast).
Produser
  • Menangani khusus satu atau lebih program siaran, menentukan materi siaran, penyiarnya, juga menentukan narasumber atau bintang tamu jika diperlukan.
  • Koordinasi dengan PD sebagai atasan langsungnya.
  • Bertanggungjawab atas penggalian ide acara dan pengembangannya.
  • Mengelola tim teknis dan tim kreatif untuk memproduksi program akhir.
  • Bisa juga dia merangkap sebagai penyairnya langsung.
  • Memeriksa dan memastikan kesiapan orang, bahan dan peralatan yang diperlukan untuk mendukung acara –penyiar, operator, narasumber, musik pendukung, daftar lagu— bekerjasama/berkoordinasi dengan pihak lain (news director, music director, tenisi, dll.).
  • Semacam koordinator sebuah acara.
News Director
  • Menangani berita-berita-berita atau informasi yang harus disiarkan oleh penyiar.
  • Menyeleksi bahan-bahan berita yang ada untuk disiarkan.
  • Memilih tema-tema untuk dibicaraan oleh penyiar bersama pendengar.
Script Writer
  • Menyusun dan mengedit naskah yang akan digunakan atau disiarkan oleh penyiar.
  • Siapkan juga berbagai bahan atau informasi yang mendukung sebuah program siaran, misalnya tips atau info ringan
-Copy Writer

Copy writers membuat radio datang untuk hidup dan memprovokasi pikiran dengan menarik copy radio untuk iklan dan presentasi.
Copy radio sulit untuk menulis, karena teman'' harus mengatakan sebanyak yang Anda bisa dalam waktu yang sangat singkat, biasanya 30 detik.
Script iklan radio teman'' harus menarik, menyenangkan, dan ditulis dengan cara khusus untuk radio, sehingga suara lebih artis dapat menyampaikan pesan Anda secara efektif untuk pendengar.
Anda dapat memilih untuk bekerja untuk studio rekaman atau produksi perusahaan, atau Anda bisa mendapatkan pekerjaan penulis naskah di stasiun radio yang sebenarnya.

Public Relations
  • Membangun citra positif radio.
  • · Menangani proposal kerjasama dan mengkoordinasikannya dengan Program Director dan Marketing Manager.
  • Menjalin hubungan baik dengan lembaga-lembaga yang potensial menjadi pengiklan, pendukung program siaran, dan pendengar setia.
Off Air Division
· Bagian khusus menangani acara non-siaran di studio.
· Umumnya radio punya OB Van (On Board Van), bahkan “panggung bergerak” (Mobile Stage) untuk mengadakan acara-acara off air.
· Menanangi branding, yaitu promosi dan membangun kesan (image building).
· Seperti EO (Event Organizer), menangani sebuah acara dari A sampai Z sehingga berjalan lancar.


Audio enginer dan teknik audio
· Bekerja bersama seorang DJ radio untuk menghasilkan acara radio mereka.
· Setiap DJ radio biasanya memiliki teknisi audio radio sendiri.
· Pada dasarnya pastikan ada suara yang disiarkan untuk acara radio atau radio hidup.
· Memahami persis bagaimana untuk mencampur musik, mengedit lagu, fade in dan fade out DJ dan musik, antara lain.
· Memiliki ruangan yang penuh dengan peralatan yang harus teman'' gunakan termasuk meja mixing, mikrofon, headphone, interkom, komputer, dan banyak lagi.
Anda harus dapat mencampur, menguasai, memudar dalam dan fade out, mengurangi kebisingan, mengambil suara lembut, dan hal lain terkait suara bahwa program radio mungkin memerlukan.

Radio DJ / Penyiar Radio
· Sebuah DJ radio membutuhkan untuk memiliki suara radio yang baik dan menyenangkan.
· Perlu untuk mendapatkan pelatihan suara dan memiliki alam, suara menarik yang berhubungan dengan orang.
· Perlu tahu banyak tentang musik dan belajar bagaimana untuk bermain dan menghubungkan bersama lagu-lagu dan segmen.
· Dalam beberapa stasiun radio yang lebih kecil, DJ radio juga akan insinyur audio yang sendiri.
· Perlu tahu bagaimana mencampur musik dan berbicara dengan penuh percaya diri di radio hidup.
· Beberapa pelatihan akting atau pelatihan berbicara di depan umum akan membantu Anda dalam hal ini.
· Sebuah DJ radio adalah kehidupan dan jiwa dari radio.
· Anda suara yang semua orang mendengar ketika mereka menyetel ke stasiun radio atau program radio.

Radio Presenter / Newsreader
· Sebuah presenter radio berbeda dengan DJ radio
· Segmen tertentu Biasanya hadir dalam acara radio seperti berita, cuaca, atau sisipan pendek lainnya.
· Untuk menjadi presenter radio, Anda harus memiliki suara yang bagus untuk radio dan Anda akan perlu untuk menyelesaikan presenter radio kursus untuk belajar cara yang benar untuk berbicara di radio sehingga Anda mendengar dengan jelas dan dipahami. Ini memberi Anda teknik yang benar mikrofon, nada suara, infleksi, dan banyak lagi.

Voice Over Artis
· Titik-titik tertentu Hadir dan iklan
· Dibutuhkan untuk iklan radio dan berbagai pengumuman radio untuk menyampaikan pesan atau bertindak keluar adegan untuk tujuan periklanan.
· Dipekerjakan oleh biro iklan untuk mengambil bagian dalam iklan radio.
Menjadi voice over artis telah dibuat sangat mudah saat ini dengan internet. Ada ratusan situs web yang Anda dapat bergabung sebagai voice over artis dan melakukan rekaman suara online jika Anda memiliki peralatan yang diperlukan.
Terapkan dengan demo dan CV ke banyak stasiun radio yang Anda bisa.
· Seorang seniman rekaman suara biasanya membayar di mana saja antara $ 200 dan $ 1.000 per menit dari rekaman.

Advertising Agency untuk Iklan Radio
· Iklan adalah bagaimana stasiun radio bertahan hidup.
· Mereka mengandalkan perusahaan membeli ruang iklan untuk mendanai program-program mereka.
Biro iklan bekerja sangat erat dengan stasiun radio untuk menghasilkan iklan radio.
· Pekerjaan radio Agen periklanan yang rumit untuk terlibat dalam dan sebagian besar waktu.
· Anda harus memiliki latar belakang dan derajat dalam pemasaran, iklan, komunikasi, desain, jurnalisme, dan bahkan psikologi.

Sekian postingan saya kali ini,semoga bermanfaat bagi teman-teman..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar